Header Ads

Nyam2.. Kuliner Muantaaappp Siomay dan Batagor.

Siomay

Nyam Nyam.... Siapa sih yang tidak tahu dengan Siomay dan batagor?? Pasti semua sudah tahu kan karena jajanan kuliner yang satu ini sangat mudah di temukan di sekeliling kita.

Kini kuliner tersebut menjadi sangat terkenal apalagi kini telah banyak dimasukkan sebagai panganan pelengkap pada resepsi pernikahan. Terkenalnya dengan sebutan sebagai siomay Bandung dan batagor Bandung.

Jika ditilik dari rasanya memang agak berbeda dari siomay yang umumnya dijajakan keliling dengan sepeda atau gerobak. Walaupun isi pendampingnya sama namun siomaynya sendiri berbeda. Kuliner Siomay bandung agak lembut dan empuk serta tidak terlalu kenyal seperti siomay sepeda. Rasanya lebih gurih dan manis dan mirip dengan otak-otak ikan tenggiri. Sementara itu pelengkap pendampingnya adalah sama seperti misalnya tahu, kentang, kol dan pare. Tetapi biasanya pada siomay Bandung masih dilengkapi lagi dengan kerupuk pangsit goreng dan kemudian disiram dengan saus kacang yang pedas agak asam.

Sedangkan kalau Batagor adalah mirip seperti itu namun siomay dan tahunya dilapisi kulit tipis dan kemudian digoreng. Batagor adalah singkatan dari bakso tahu goreng. Dan biasanya juga dijual menyatu bersama dengan jualan siomay Bandung. Kini kita bisa membelinya di dekat Bakmi GM mal Kelapa Gading di Jakarta Utara. Namanya adalah Kedai Kurcaci dan bukanya dari hari Senin hingga Minggu jam 10 pagi hingga 22 malam di lantai 3 Food Temptation nomor 3 b. Harganya murah meriah saja, hanya antara Rp 10.000 ,- hingga Rp 20.000 ,- saja.

Padahal kedai ini berawal di tahun 2005 dari sebuah kedai di pinggir kali di perumahan Gading Batavia. Tetapi karena kemudian hari banyak penggemarnya maka kedai kuliner ini bisa membuka cabang hingga 3 buah. Dan keistimewaan dari kuliner ini adalah siomaynya selalu hangat dan disajikan dengan kuah kacang yang banyak hingga membanjiri. Selain itu ada menu kuliner andalan lain dari kedai ini seperti Soto Bandung, Ronde Jahe dan Yamien Manis dan Asin. 

Yuk... yang masih penasaran sama gimana rasanya makan kuliner yang satu ini,,, kalau pada pingin nyicipin jangan di tunda-tunda ntar malah ngiler sampe kebawa mimpi, hehe ^^

No comments

Powered by Blogger.