Header Ads

7 Kebiasaan Pria Yang Dapat Berdampak Buruk Bagi Kesehatan

Para pria mungkin merasa punya ketahanan tubuh yang lebih kuat dibanding wanita, tetapi sebagian dari kita tidak mengetahui apabila tidak menjaga Pola Hidup atau Kebiasaan Buruk, maka akan menyebabkan dampak buruk bagi kesehatan Pria itu sendiri. Kebiasaan yang seperti apa sih yang bisa berdampak buruk bagi kesehatan Pria ?? yuk kita kupas tuntas

7 Kebiasaan Pria Yang Dapat Berdampak Buruk Bagi Kesehatan


1. Menghindari dokter

Takut Dokter


Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Men’s Health, pria lebih jarang menemui dokter dibanding wanita. Meskipun sejumlah fakta menyebutkan pria memiliki masa hidup lebih pendek dan memiliki kemungkinan lebih besar untuk meninggal karena kanker. Kunjungan ke dokter mungkin selalu Anda anggap sebagai hal yang tak menyenangkan, tapi mendapatkan diagnosa dini akan sebuah penyakit dapat meningkatkan penyembuhan. Jadi berhenti mengabaikan gejala yang Anda alami dan segera kunjungi dokter.

2. Pesta minum-minum
Pesta Minum

Berkumpul dengan teman-teman pria mungkin tidak terasa lengkap tanpa minuman beralkohol. Karena itulah tingkat kematian akibat alkohol lebih tinggi pada pria dibandingkan wanita. Pesta minuman alkohol tidak hanya berakibat buruk pada kesehatan dalam jangka panjang, tapi juga bisa mengarah pada peningkatan berat badan yang sangat cepat. Karena itu, sebaiknya buat batasan bagi diri Anda sendiri dan patuh kepadanya.

3. Menyimpan perasaan

Menyimpan Perasaan

Secara keseluruhan, pria memang tidak suka bicara tentang perasaan, berbagi emosi, atau meminta bantuan dan dukungan seperti yang biasa wanita lakukan. Konsekuensinya adalah, lebih banyak pria yang menderita depresi dan 77% diantaranya melakukan bunuh diri. Selain itu, pria depresi cenderung melampiaskannya pada alkohol. Sehingga rasa amarah yang tertahan ditambah minuman beralkohol menyebabkan risiko terkena serangan jantung lebih tinggi.

4. Stres karena pekerjaan

Stress Karena Pekerjaan

Pria dan wanita memang sama-sama mengalami stres di tempat kerja. Namun menurut survei yang dilakukan Medicash pada 3000 pekerja, pria empat kali lebih mungkin mengambil izin sakit karena stres bekerja dibanding wanita. Bahkan mereka dua kali lebih banyak menggunakan alkohol sebagai pelarian. Stres karena pekerjaan tak hanya menyebabkan depresi, tapi juga penyakit jantung dan stroke. Maka tak ada salahnya untuk mencoba membicarakan masalah yang Anda hadapi, bicara kepada bos, ubah pekerjaan atau minta bantuan profesional.

5. Suka makanan cepat saji

Makanan Cepat Saji

Sebuah survei yang dilakukan Pew Research Center menunjukkan setidaknya 47% pria makan di restoran cepat saji setidaknya seminggu sekali dibandingkan wanita yang hanya 35%. Dengan jumlah kalori lebih banyak daripada yang dianjurkan, mungkin ada baiknya Anda mengurangi mengonsumsi makanan cepat saji dan memilih makanan buatan dari rumah.

6. Tidak menjaga kebersihan

Tidak Menjaga Kebersihan

Apakah Anda mencuci tangan setiap kali selesai menggunakan toilet? Kenyataannya, satu dari tiga pria tidak melakukannya, menurut penelitian oleh American Society for Microbiology and the Soap  and Detergent Association. Bahkan hanya sepertiga pria yang mencuci tangan menggunakan sabun. Padahal tidak mencuci tangan adalah cara tercepat dalam penyebaran kuman dan infeksi. Jagalah kesehatan Anda dengan memastikan mencuci tangan sebelum meninggalkan toilet.
7. Malas sikat gigi

Malas Sikat Gigi

Berdasarkan penelitian yang dilakukan American Dental Association, hanya 66% pria menggosok gigi mereka dua kali sehari, bandingkan dengan wanita yang sebanyak 86%. Lebih jauh lagi, sebuah penelitian menunjukkan bahwa wanita dua kali lebih mungkin melakukan pengecekan gigi dibandingkan pria. Jika tidak memperhatikan kesehatan gigi dan gusi, Anda memiliki kemungkinan terkena beberapa penyakit, mulai dari infeksi gigi hingga kemungkinan penyakit jantung, disfungsi ereksi, dan demensia.

Nah, itulah kebiasaan Pria yang apabila dilakukan terus menerus malah akan berdampak buruk bagi kesehatan si Pria, karena hanya dengan menyepelekan hal-hal kecil seperti diatas ternyata memberikan dampak yang bururk bagi kesehatan. Untuk itu kita harus mulai menjauhi kebiasan buruk tersebut demi kesehatan yang lebih baik, semoga artikel ini bermanfaat.


No comments

Powered by Blogger.