Header Ads

Amazing.... Pusaran Air Laut Mengerikan (Maelstorm)

Amazing.... Pusaran Air Laut Mengerikan (Maelstorm) - Apa yang terlintas di pikiran kita jika mendengar kata Pusaran Air Laut? Pasti yang ada di bayangan kita adalah betapa mengerikannya Pusaran air laut, kenapa begitu? karna pasti kita membayangkan jika kita ada disitu pasti kita akan "tersedot" ke dalamnya,, hhiii.... Tapi, Tahukah kalian tentang Pusaran Air Laut Maelstorm?? saya akan coba berbagi tentang Pusaran Air Laut Maelstorm.

Pusaran air laut Maelstorm adalah pusaran air yang sangat kuat, dan besar. Maelstorm adalah sebuah pusaran bebas, ia memiliki downdraft yang cukup. Kekuatan pusaran air pasang surut cenderung dibesar-besarkan oleh orang awam. Ada beberapa kabar-kabar mengerikan yaitu banyak kapal-kapal besar yang pernah tersedot ke dalam pusaran ini, bahkan diperkirakan kapal yang lebih besar dari kapal titanic pun dapat tersedot, mengerikan bukan?

Tsunami atau sinkhole yang dihasilkan maelstroms mungkin mengancam pesawat-pesawat dan bahkan lebih besar. Salah satu penggunaan awal dalam bahasa Inggris dari kata Skandinavia (malström atau malstrøm) adalah oleh Edgar Allan Poe dalam ceritanya "A Descent into Whirlpool " (1841). Pada gilirannya, kata Nordic berasal dari pusaran Belanda, maalstroom ejaan modern, dari Malen (untuk menggiling) dan stroom (stream), untuk membentuk makna grinding saat ini atau secara harfiah "mill-stream", dalam arti penggilingan (grinding ) biji-bijian.


Komentar beberapa ilmuwan seperti Charlotte di British Columbia. Mereka mengaitkan pusaran air tersebut dengan monster laut. Pusaran tersebut, menurut mereka, terbentuk akibat punggung monster berbalik arah. Tentu saja itu hanya sebuah mitos. Pusaran air terbentuk akibat permukaan air meninggi dan menurun dengan cepat. Dan juga komentar Simon Boxhall, dari National Oceanography Centre di Southampton, mengatakan, "Ini seperti Anda menarik tutup tempat cuci piring. Di situ terjadi pusaran air." Boxhall menambahkan, setelah tsunami, air kembali surut menuju laut secara cepat. Jika ada celah di dasar laut, terbentuklah pusaran air itu.

Pusaran air Maelstorm ini ditemukan di Pulau Lofoten dekat pantai Norwegia. Di bawah dasar laut itu terdapat lubang berdiameter 8 kilometer. Kecepatan pusaran air di sana bisa mencapai 11 kph (kilometer per jam) dan cukup berbahaya.

Nah.. itulah sekilas tentang Pusaran Air Laut Maelstorm, bagaimana apakah mengerikan atau apa itu tergantung dari kita menyikapinya, semoga bermanfaat.

1 comment:

  1. karlina putri aseanTuesday, 17 June, 2014

    fakta yg sngat masuk akal.....

    ReplyDelete

Powered by Blogger.